Fungsi layanan Internet


Sebagai pusat pembelajaran internet sangat kaya akan informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi lainnya.Internet berkembang sangat pesat sekali karena berbagai macam fasilitas yang ada didalamnya.

Internet berkembang sangat pesat sekali karena berbagai macam fasilitas yang ada didalamnya. Fasilitas-fasilitas internet memiliki beberapa fungsi layanan sebagai berikut:

a. Sebagai Media Melakukan Transfer File

Transfer file yang dimaksud adalah untuk melakukan akses pada server lain yang jaraknya jauh baik secara Anonymous FTP (File Transfer Protocol) maupun yang bukan Anonymous FTP. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melakukan login terlebih dahulu dan memasukkan password untuk bisa mengaksesnya. Komputer-komputer akan bisa dapat mengirim atau menerima (download) file atau data melalui jaringan internet ini. Fasilitas ini dapat digunakan untuk melakukan pengambilan dan penyimpanan arsip file secara elektronik.

b. Sebagai sarana mengirim Surat (E-mail)

Surat yang dikirim atau yang diterima melalui jaringan internet lebih dikenal dengan nama e-mail (electronic mail) atau surat elektronik. Dibanding dengan sarana surat konvensional, e-mail memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah :

·         E-mail akan lebih cepat sampai tujuan. Kecepatannya dimungkinkan hanya dengan menggunakan hitungan menit atau bahkan detik, meskipun pengiriman dari ujung utara hingga ujung selatan dunia. Bandingkan dengan surat konvensional butuh beberapa hari bahkan bulan.

·         Lebih aman. E-mail yang dikirim tidak takut atau khawatir tidak sampai selama jaringan komunikasi internet tetap tersedia. Pengiriman surat secara konvensional lebih mudah rusak atau hilang karena perjalanan, bencana, atau mudah disabotase.

·         Fleksibel. E-mail yang telah dikirim dan diterima akan mudah dibuka (dibaca) dimanapun berada tempatnya, mudah dimodifikasi, dan segera dikirim kembali kepada pengirim atau kepada yang lainnya.

·         Simple dan Format lengkap. Isi e-mail yang dikirimkan dapat berupa data teks, gambar atau grafik, video, bahkan suara dengan menggunakan tempat yang lebih simple.

c. Sebagai Pusat Pembelajaran dan Pendidikan

Sebagai pusat pembelajaran internet sangat kaya akan informasi tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi lainnya, sehingga internet sangat terkenal pula sebagai digital library. Segala sumber ilmu tersedia di internet baik itu yang gratis maupun yang dikenai biaya. Apabila kita ingin mendapatkan buku, majalah, atau jurnal dengan terbitan baru atau maka kita akan bisa dapatkan diinternet, sedangkan jika secara konvensional kita harus menunggu untuk membeli ditoko atau pesan langsung  dari negara lain, yang waktunya lama. Selain itu ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita baca bisa pula langsung dimodifikasi tanpa harus menulis secara keseluruhan. Beberapa contoh situs atau HomePage yang terkenal di dunia adalah The Library of Congress (http://rs7.loc.gov/), Cornell University-Engineering library (http://www.englib.cornell.edu). Sedangkan di Indonesia yang sedang dikembangkan seperti di ITB yaitu http://digital.lib.itb.ac.id dan http://www.lib.itb.ac.id .  Selain itu kita juga dapat mendapatkan bahkan ikut menyediakan berbagai ensiklopedia yang menyimpan berbagai macam hal. Internet juga bisa digunakan sebagai tempat pendidikan jarak jauh. Beberapa unuversitas di luar negeri sudah menerapkan sistem pendidikan melalui internet, dimana mahasiswa bisa melakukan komunikasi dengan dosen melalui e-mail, dan dapat menerima dan mengirim bahan kuliah dan tugas melalui internet pula bentuk seperti ini dikenal dengan nama virtual university konsep ini seperti universitas terbuka. Beberapa contoh yang melakukan pendidikan jarak jauh melalui internet adalah Institut for Global Learning (http://www.laurasian.org/igl.html), International University Collage (http://www.iuc.edu), Virtual Online University (http://www.athena.edu), dan masih banyak lagi yang lain.

d. Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran

Banyak penyedia jasa informasi di internet yang bersifat komersial,dimana situs yang dibangun untuk tujuan bisnis. Salah satunya adalah untuk sarana promosi atau pemasaran sebuah produk. Sebagai contoh Yahoo.com yang sangat popular, kemudian msn.com, astalavista.com, di Indonesia seperti detik.com, astaga.com, dan sebagainya. Dimana pada halaman (page) tertentu biasanya depan (index) terdapat ruang yang berisi iklan sebuah produk. Bahkan bisa melakukan penjualan suatu produk secara on-line, bentuk seperti ini lebih dikenal dengan nama e-commerce (electronic commerce). Iklan-iklan yang dipasang dalam internet juga terasa lebih menarik karena dipenuhi dengan animasi-animasi yang membuat simpati bagi yang melihatnya. Selain untuk periklanan atau pemasaran secara komersial, namun juga terdapat beberapa situs yang memberikan keleluasan secara gratis untuk mengiklankan barang atau produk kita yang ditawarkan melalui internet. Sehingga melalui internet kita bisa melakukan pembelian dan penjualan sekaligus. Selain itu internet juga bisa digunakan untuk mencari teman dan pasangan. Banyak situs yang menyediakan fasilitas “kontak jodoh” untuk memilih pasangan hidup atau sekedar kencan diseluruh dunia.

e.  Melakukan Mailing List, Newsgroup  dan konferensi

Mailing List dan Newsgroup digunakan untuk melakukan diskusi on-line dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu bagi netter (pengguna internet) yang memiliki masalah dan topik yang sama. Sedangkan konferensi digunakan apabila kita ingin melakukan komunikasi langsung dengan orang lain yang jaraknya jauh misalnya antar Negara. Dengan bantuan software tertentu seperti mocrosoft netmeeting dan didukung dengan pemakaian video camera kita bisa melakukan pembicaran seperti bertemu langsung dengan lawan bicara kita. Contoh lain untuk komunikasi melalui mail online seperti yahoo messager.

f. Chating dan jejaring Sosial

Chating adalah sarana internet yang digunakan untuk komunikasi langsung dengan melalui tulisan atau kata-kata. Jadi dengan menggunakan fasilitas chating kita bisa mengajak bicara serius maupun sekedar ngobrol dengan semua orang diseluruh dunia secara langsung sesuai dengan forum yang disepakati. Software yang menyediakan fasilitas chating seperti mIRC dari Microsoft, vIRC, dan lainnya. Bahkan saat ini telah berkembang begitu pesatnya aplikasi jejaring sosial yang sangat terkenal seperti Facebook (FB), Twitter, coprol dan lain sebagainya sangat memasyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa.

g. Search Engine

Search Engine merupakan fasilitas yang disediakan oleh situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita butuhkan secara cepat. Karena tanpa ada fasilitas ini pengguna internet akan sangat sulit mencari informasi-informasi atau alaamat-alamat tertentu yang diinginkannya. Contoh fasilitas search engine yang sangat terkenal adalah google.com, excite.com dan yahoo.com.

h. Untuk mengirim SMS ke telepon sellular

Internet juga menyediakan fasilitas mengirim SMS (Send Message Sort) ke telepon sellular (HP/HandPhone) sesuai dengan nomor HP yang diinginkan. Tentunya dengan memanfaatkan fasilitas ini kita bisa menghemat biaya SMS.

i. Sarana Entertainment dan Games

Dengan menggunakan internet kita bisa bermain games secara on-line, bayak fasilitas games yang menarik bisa kita gunakan. Kita juga bisa melihat video, atau men-download-nya, memutar lagu dan men-download-nya, atau sekedar berita film. Selain itu kita juga bisa mendengarkan siaran radio diseluruh dunia yang on-line, dan masih banyak lagi yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar