Kemampuan Komputer


Kecepatan dan ketepatan dalam mengolah data dan menghasilkan informasi adalah kemampuan utama yang dimiliki komputer. Selain itu kemampuan kapasitas penyimpanan data dalam memori atau simpanan luar seperti harddisk saat ini terjadi peningkatan kapasitas yang sangat luar biasa.
Kemampuan-kemampuan lain yang dimiliki komputer adalah kecepatan mengirim data dalam format apapun antar komputer dalam jaringan wilayah lokal, regional, maupun global. Bayangkan saja bahwa saat kita mengirim mail ke tujuan seluruh dunia akan sampai hanya dalam hitungan detik (second) saja. Ini akan lebih cepat beribu kali lipat dibanding dengan pesawat paling cepat sekalipun.  Selain itu komputer akan mampu terus melaksanakan tugasnya dan terus hidup atau menyala dalam waktu yang lama dalam hitungan  bulan  bahkan tahun tanpa komputer itu harus mati atau mati hannya beberapa menit atau jam dalam setahun. Kita lihat saja komputer yang mengendalikan ATM pada sebuah bank, komputer yang mengontrol penerbangan, hampir tidak pernah berhenti atau mati dalam operasinya.
Data  yang diterima melalui perangkat input dan dikirim ke memori untuk disimpan dan selanjutnya diproses oleh CPU kemudian disimpan kembali ke memori sebelum ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat output bisa dilakukan oleh komputer dengan sangat cepat sekali.
Kecepatan akses data dalam sebuah operasi komputer dinyatakan dalam satuan seperti Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond (ns), Picosecond (ps). Satuan Picosecond (ps) merupakan satuan waktu yang paling cepat dalam sebuah akses komputer. Tabel 1.1. dibawah ini menunjukkan kecepatan akses atau proses komputer dalam satuan waktu.
Table 1.1.Satuan waktu kecepatan proses komputer
Satuan Waktu
Kecepatan
Millisecond (ms)
Ribu operasi per detik (1/1000)
Microsecond (ms)
Juta operasi per detik (1/1000.000)
Nanosecond (ns)
Miliar operasi perdetik (1/1000.000.000)
Picosecond (ps)
Trilliun operasi per detik (1/1000.000.000.000)

Selain memiliki satuan kecepatan, komputer juga memiliki satuan kapasitas penyimpanan ingatan (memory) yang bisa dinyatakan seperti table 1.2. dibawah. Saat ini penyimpanan luar seperti harddisk telah diproduksi dengan kapasitas memori ratusan GB (GegaByte).
Tabel 1.2. Satuan kapasitas memori komputer

Satuan Memori
Kapasitas
1 byte
8 bit atau satu character
1 KB (Kilobyte)
1024 byte atau 210 byte
1 MB (Megabyte)
1024 KB atau 1.048.576 byte atau 220 byte
1 GB (Gigabyte)
1024 MB atau 230 byte
1 Terabyte (TB)
1024 GB atau  240 byte

Atau bisa dinyatakan sebagai berikut :

Komputer biasanya akan mengalami kesalahan atau gangguan, bilamana :
§  Ada kerusakan pada komponennya (metal fatique)
§  Data yang dimasukkan salah maka hasilnya juga salah, ini sesuai dengan ungkapan GIGO (Gerbage In Gerbage Out), yang berarti sampah yang masuk maka akan keluar sampah pula.
§  Karena serangan Virus komputer yang merusak data.
Keunggulan-keunggulan komputer seperti disebutkan diatas tidak semata-mata bahwa manusia kalah dengan kemampuan komputer. Bila dilakukan pembandingan kemampuan komputer dengan manusia bisa dilihat dalam table 1.3 dibawah ini.
Tabel 1.3. Perbandingan kemampuan manusia dengan komputer
Jenis yang Dibandingkan
Manusia
Komputer
Kecepatan
Relatif lambat
Sangat cepat
Ketepatan
Mudah salah
Tepat
Daya tahan memproses
Cepat lelah
Tidak kenal lelah
Kemampuan mengingat
Kurang akurat
Akurat
Kemampuan megikuti perintah
Kurang baik
Baik
Kemampuan berinisiatif dan beradaptasi
Sangat baik
Jelek
Kemampuan membuat pertimbangan dan peramalan
Sangat baik
Jelek
Dari keterangan table  diatas bisa diketahui bahwa antara manusia dan komputer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ini berarti bahwa kemampuan komputer tidak bisa menggantikan kemampuan manusia, namun komputer sangat berarti bagi manusia untuk membantu dalam aktifitasnya. Meskipun dalam perkembangannya  kedepan komputer akan memiliki kemampuan yang lebih baik dari sekarang.

1.5. Perkembangan Gaya Komputasi (Computing Style)

Computing Style dapat didefinisikan sebagai perkembangan gaya-gaya komputasi yang terjadi pada suatu masa tertentu. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Gartner Group, gaya-gaya komputasi terbagi menjadi  Punch-Card Computing, Mainframe/Midrange Computing, Client/Server), dan Internet/Network Computing. Secara skematis gaya-gaya tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini, dengan pembagian waktu selang satu dekade dan dipetakan berdasarkan tingkat kompleksitas dari sistem.
Pada gambar dibawah ditunjukkan bahwa perkembangan teknologi informasi mengarah kepada sistem enterprise dengan kompleksitas yang semakin tinggi. Network computing akan menjadi platform baru untuk aplikasi-aplikasi teknologi informasi sedangkan internet dan intranet menjadi tulang punggung utama untuk menggabungkan beberapa jaringan lokal menjadi suatu jaringan yang secara virtual berbentuk enterprise. Dengan berkembangnya penggunaan sistem komputasi, berkembang pula masing-masing unsur dari penyusunnya dengan karakteristik perkembangan yang unik untuk masing-masing unsur tersebut pada suatu masa tertentu. Karakteristik yang unik dari perkembangan ini menyangkut porsi dari masing-masing unsur dalam membentuk suatu sistem komputasi, dan juga cara berinteraksi antar ketiga unsur tersebut. Hal ini dikenal sebagai gaya komputasi (computing style).
Gaya komputasi yang berkembang akan sangat berpengaruh terhadap perilaku bagi masyarakat pengguna komputer. Unsur-unsur perubahan yang mencolok adalah semakin mudah penggunaan teknologi komputer sehingga menarik banyak peminat yang menggunakan teknologi ini. Meskipun dari sisi desian teknologinya sendiri komputer saat ini sangat kompleks dan rumit, namun karena adanya inforastruktur yang mendukung, proses produksinya semakin mudah dan desain perangkat kerasnya semakin simpel dan portable.
Perkembangan gaya komputasi dari tahun-ketahun dapat dilihat dalam gambar dibawah ini :
1.6. Karakteristik Komputer
Sifat yang dimiliki manusia berbeda dibanding dengan komputer. Dibanding manusia, komputer memiliki karakteristik tertentu seperti :
§  Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi,  ini berarti bahwa komputer sentiasa bersedia menerima sembarang masukan dari manusia yang mengendalikannya, komputer tidak akan pernah mengalami kebosanan atau jenuh dalam melaksanakan perintah yang sama secara berulang-ulang dan dalam waktu yang lama , komputer juga tidak pernah memilih-milih tentang data apa saja yang diolah, komputer juga tidak pernah mengeluh atau merasa senang pada sebuah masukan data yang diberikan. Komputer akan tetap melaksanakan tugasnya sesuai dengan fungsi sesuai dengan kendali dari penggunanya. Sehingga dalam hal ini komputer dalam melakukan aktifitasnya akan bersifat statis.
§  Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama, jika data tersebut diperlukan bisa diambil sewaktu-waktu. Komputer tidak pernah lupa dan tidak pernah menambah atau menguarangi data yang telah disimpan, komputer juga membutuhkan tempat yang efisien dan tahan terhadap kehilangan atau kerusakan data dibanding jika menggunakan kertas atau perangkat yang lainnya. Dalam hal ini sifat data yang disimpan bersifat dinamis, diamana sewaktu-waktu data dapat dilakukan perubahan dan pembaharuan jika dikehendaki.
§  Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang singkat dalam hitungan detik bahkan milidetik meskipun jumlah data sangat besar, bandingkan jika pengurutan dan pencarian  dilakukan secara konvensional dengan tenaga manusia. Bahkan pengurutan dengan komputer bisa dilakukan secara menaik (ascending) atau pengurutan menurun (descending) dalam waktu sekejap.
§  Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar dengan cepat dan akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan apapun bisa dilakukan dengan presisi yang mendekati seratus persen kebenarannya. Komputer yang berkembang saat ini dalam perhitungan aritmatik komputer sanggup melakukan perhitungan sampai jutaan triliun dengan angka desimal yang bisa dikatakan tak terhingga.
§  Komputer juga. mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam waktu yang cepat.
Keterbatasan Komputer
Selain komputer memiliki keunggulan-keunggulan seperti disebutkan diatas, sebenarnya komputer juga memiliki beberapa keterbatasan atau kekurangan, yaitu :
§  Tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. Manusia berpikir akan diikuti atas perasaan dan naluri yang bisa menimbulkan reaksi senang, sedih, dan sebagainya, sehingga dalam pengambilan keputusan manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan komputer hanya berdasarkan perhitungan saja.
§  Pekerjaan yang dilakukan komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak tenaga manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran.
§  Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi, karena dimungkinkan bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain (hacker), meskipun telah diberi pelindung program atau password.
§  Terjadinya pemalsuan transaksi seperti di perbankan dan pembobolan kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar