Panduan Teknis Peralatan TIK yang digunakan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Panduan ini disesuaikan dengan detail dan spesifikasi standar pengajaran
SPESIFIKASI PAKET PERANGKAT LUNAK
No | Nama Peralatan Perangkat Lunak | Keterangan Detail / Spesifikasi | Jumlah | |
1 | Aplikasi Sumber Belajar Matematika | Lisensi | Perpetual atau sekali pembelian untuk sekolah bukan dalam bentuk lisensi yang harus diperbaharui setiap durasi tertentu | 1 |
Skope Lisensi | Pembelian aplikasi mencakup penggunaan lisensi untuk sekolah dengan jumlah komputer tak terbatas dan penggunaan rumah oleh siswa. | |||
Substansi Aplikasi | Harus sesuai dengan SI dan SKL pada mata pelajaran Matematika SMP dari kelas 7 s.d. kelas 9 dapat dibuktikan dengan adanya matriks kesesuaian antar topik yang ada di SI dan SKL dengan fitur bahasan yang di-miliki oleh aplikasi Matematika tersebut serta menerapkan proses belajar sesuai dengan SNP. | |||
Penggunaan oleh Guru | Memiliki model matematika yang sudah jadi yang sesuai dengan SI dan SKL Matematika SMP yang dapat digunakan guru dalam mengajar ma-tematika di kelas 7 hingga kelas 9, dan juga harus dapat digunakan oleh guru dalam membantu mengembangkan model bahan ajar matematika yang baru sesuai dengan kreativitas guru. Luaran akhir bahan ajar hasil pengembangan dan kreativitas guru dengan menggunakan aplikasi ini harus dapat berbentuk model simulasi dan beranimasi secara baik dan benar dalam menjelaskan konsep matematika dan model akhir dapat dijadikan bahan ajar di kelas serta didistribusikan kepada siswa untuk dipelajari di rumah. | |||
Bahasa | Aplikasi memiliki bahasan dalam dua bahasa, di mana versi bahasa Inggris akan digunakan pada Rintisan SMP Bertaraf Internasional, dan versi yang sama dalam bahasa Indonesia digunakan untuk sekolah SMP bertaraf Nasional atau yang lainnya. | |||
Penggunaan oleh Siswa | Harus dapat digunakan secara langsung oleh siswa sebagai sumber belajar dan pengayaan baik di sekolah maupun di rumah. | |||
Pelatihan Guru Matematika | Pelatihan selama minimum 16 jam yang mencakup pelatihan penggunaan bahan ajar matematika dengan aplikasi ini dalam pembelajaran di kelas serta proses pengembangan bahan ajar baru. |
No | Nama Peralatan Perangkat Lunak | Keterangan Detail / Spesifikasi | Jumlah | |
2 | Aplikasi Sumber Belajar IPA Cakupan Fisika | Lisensi | Perpetual atau sekali pembelian untuk sekolah bukan dalam bentuk lisensi yang harus diperbaharui setiap durasi tertentu | 1 |
Skope Lisensi | Pembelian aplikasi mencakup penggunaan lisensi untuk sekolah dengan jumlah komputer tak terbatas dan penggunaan rumah oleh siswa. | |||
Substansi Aplikasi | Harus sesuai dengan SI dan SKL pada mata pelajaran IPA dengan cakupan Fisika SMP dari kelas 7 s.d. kelas 9 dapat dibuktikan dengan adanya matriks kesesuaian antar topik yang ada di SI dan SKL dengan fitur bahasan yang dimiliki oleh aplikasi IPA : Fisika tersebut serta menerapkan proses belajar sesuai dengan SNP. | |||
Penggunaan oleh Guru | Memiliki model IPA dengan cakupan Fisika yang sudah jadi yang sesuai dengan SI dan SKL IPA : Fisika SMP yang dapat digunakan guru da-lam mengajar IPA Fisika di kelas 7 hingga kelas 9, dan juga harus dapat digunakan oleh guru dalam membantu mengembangkan model bahan ajar IPA :Fisika yang baru sesuai dengan kreativitas guru. Luaran akhir bahan ajar hasil pengembangan dan kreativitas guru dengan menggu-nakan aplikasi ini harus dapat berbentuk model simulasi dan beranimasi secara baik dan benar dalam menjelaskan konsep IPA : Fisika dan model akhir dapat dijadikan bahan ajar di kelas serta didistribusikan kepada siswa untuk dipelajari di rumah. | |||
Bahasa | Aplikasi memiliki bahasan dalam dua bahasa, di mana versi bahasa Inggris akan digunakan pada Rintisan SMP Bertaraf Internasional, dan versi yang sama dalam bahasa Indonesia digunakan untuk sekolah SMP bertaraf Nasional atau yang lainnya. | |||
Penggunaan oleh Siswa | Harus dapat digunakan secara langsung oleh siswa sebagai sumber belajar dan pengayaan baik di sekolah maupun di rumah. | |||
Pelatihan Guru IPA Fisika | Pelatihan selama minimum 16 jam yang mencakup pelatihan penggunaan bahan ajar IPA: Fisika dengan aplikasi ini dalam pembelajaran di kelas serta proses pengembangan bahan ajar baru. |
No | Nama Peralatan Perangkat Lunak | Keterangan Detail / Spesifikasi | Jumlah | |
3 | Aplikasi Sumber Belajar IPA Cakupan Kimia Materi dan Perubahan | Lisensi | Perpetual atau sekali pembelian untuk sekolah bukan dalam bentuk lisensi yang harus diperbaharui setiap durasi tertentu | 1 |
Skope Lisensi | Pembelian aplikasi mencakup penggunaan lisensi untuk sekolah dengan jumlah komputer tak terbatas dan penggunaan rumah oleh siswa. | |||
Substansi Aplikasi | Harus sesuai dengan SI dan SKL pada mata pelajaran IPA dengan cakupan Kimia SMP dari kelas 7 s.d. kelas 9 dapat dibuktikan dengan adanya matriks kesesuaian antar topik yang ada di SI dan SKL dengan fitur bahasan yang dimiliki oleh aplikasi IPA : Kimia tersebut serta menerapkan proses belajar sesuai dengan SNP. | |||
Penggunaan oleh Guru | Memiliki model IPA dengan cakupan Kimia yang sudah jadi yang sesuai dengan SI dan SKL IPA : Kimia SMP yang dapat digunakan guru da-lam mengajar IPA Kimia di kelas 7 hingga kelas 9, dan juga harus dapat digunakan oleh guru dalam membantu mengembangkan model bahan ajar IPA : Kimia yang baru sesuai dengan kreativitas guru. Luaran akhir bahan ajar hasil pengembangan dan kreativitas guru dengan menggu-nakan aplikasi ini harus dapat berbentuk model simulasi dan beranimasi secara baik dan benar dalam menjelaskan konsep IPA : Kimia dan model akhir dapat dijadikan bahan ajar di kelas serta didistribusikan kepada siswa untuk dipelajari di rumah. | |||
Bahasa | Aplikasi memiliki bahasan dalam dua bahasa, di mana versi bahasa Inggris akan digunakan pada Rintisan SMP Bertaraf Internasional, dan versi yang sama dalam bahasa Indonesia digunakan untuk sekolah SMP bertaraf Nasional atau yang lainnya. | |||
Penggunaan oleh Siswa | Harus dapat digunakan secara langsung oleh siswa sebagai sumber belajar dan pengayaan baik di sekolah maupun di rumah. | |||
Pelatihan Guru IPA Kimia | Pelatihan selama minimum 16 jam yang mencakup pelatihan penggunaan bahan ajar IPA dengan cakupan Kimia dengan aplikasi ini dalam pembelajaran di kelas serta proses pengembangan bahan ajar baru. |
No | Nama Peralatan Perangkat Lunak | Keterangan Detail / Spesifikasi | Jumlah | |
4 | Aplikasi Sumber Belajar IPA Cakupan Biologi | Lisensi | Perpetual atau sekali pembelian untuk sekolah bukan dalam bentuk lisensi yang harus diperbaharui setiap durasi tertentu | 1 |
Skope Lisensi | Pembelian aplikasi mencakup penggunaan lisensi untuk sekolah dengan jumlah komputer tak terbatas dan penggunaan rumah oleh siswa. | |||
Substansi Aplikasi | Harus sesuai dengan SI dan SKL pada mata pelajaran IPA dengan cakupan Biologi SMP dari kelas 7 s.d. kelas 9 dapat dibuktikan dengan adanya matriks kesesuaian antar topik yang ada di SI dan SKL dengan fitur bahasan yang dimiliki oleh aplikasi IPA dengan cakupan Biologi tersebut serta menerapkan proses belajar sesuai dengan SNP. | |||
Penggunaan oleh Guru | Memiliki model IPA dengan cakupan Biologi yang sudah jadi yang sesuai dengan SI dan SKL IPA : Biologi SMP yang dapat digunakan guru dalam mengajar IPA :Biologi di kelas 7 hingga kelas 9, dan juga harus dapat digunakan oleh guru dalam membantu mengembangkan model bahan ajar IPA : Biologi yang baru sesuai dengan kreativitas guru. Luaran akhir bahan ajar hasil pengembangan dan kreativitas guru dengan menggu-nakan aplikasi ini harus dapat berbentuk model simulasi dan beranimasi secara baik dan benar dalam menjelaskan konsep IPA dengan cakupan Biologi dan model akhir dapat dijadikan bahan ajar di kelas serta didistribusikan kepada siswa untuk dipelajari di rumah. | |||
Bahasa | Aplikasi memiliki bahasan dalam dua bahasa, di mana versi bahasa Inggris akan digunakan pada Rintisan SMP Bertaraf Internasional, dan versi yang sama dalam bahasa Indonesia digunakan untuk sekolah SMP bertaraf Nasional atau yang lainnya. | |||
Penggunaan oleh Siswa | Harus dapat digunakan secara langsung oleh siswa sebagai sumber belajar dan pengayaan baik di sekolah maupun di rumah. | |||
Pelatihan Guru IPA Biologi | Pelatihan selama minimum 16 jam yang mencakup pelatihan pengguna-an bahan ajar IPA dengan cakupan Biologi dengan aplikasi ini dalam pembelajaran di kelas serta proses pengembangan bahan ajar baru. |
No | Nama Peralatan Perangkat Lunak | Keterangan Detail / Spesifikasi | Jumlah | |
5 | Aplikasi Sumber Belajar TIK/ Ketrampilan/ Teknologi Dasar | Lisensi | Perpetual atau sekali pembelian untuk sekolah bukan dalam bentuk lisensi yang harus diperbaharui setiap durasi tertentu | 1 |
Skope Lisensi | Pembelian aplikasi mencakup penggunaan lisensi untuk sekolah dengan jumlah komputer tak terbatas dan penggunaan rumah oleh siswa. | |||
Substansi Aplikasi | Harus sesuai dengan SI dan SKL pada mata pelajaran TIK/Ketrampilan atau PTD SMP dari kelas 7 s.d. kelas 9 dapat dibuktikan dengan adanya matriks kesesuaian antar topik yang ada di SI dan SKL dengan fitur bahasan yang dimiliki oleh aplikasi teknologi tersebut serta menerapkan proses belajar sesuai dengan SNP. | |||
Penggunaan oleh Guru | Memiliki model yang sudah jadi yang sesuai dengan SI dan SKL TIK/Ketrampilan SMP yang dapat digunakan guru dalam membantu mengembangkan model bahan ajar yang baru sesuai dengan kreativitas guru. Luaran akhir bahan ajar hasil pengembangan dan kreativitas guru dengan menggu-nakan aplikasi ini harus dapat berbentuk model simulasi dan beranimasi secara baik dan benar dalam menjelaskan konsep TIK/Ketrampilan dan model akhir dapat dijadikan bahan ajar di kelas serta didistribusikan kepada siswa untuk dipelajari di rumah. | |||
Bahasa | Aplikasi memiliki bahasan dalam dua bahasa, di mana versi bahasa Inggris akan digunakan pada Rintisan SMP Bertaraf Internasional, dan versi yang sama dalam bahasa Indonesia digunakan untuk sekolah SMP bertaraf Nasional atau yang lainnya. | |||
Penggunaan oleh Siswa | Harus dapat digunakan secara langsung oleh siswa sebagai sumber belajar dan pengayaan baik di sekolah maupun di rumah. | |||
Pelatihan Guru TIK/ Ketrampilan | Pelatihan selama minimum 16 jam yang mencakup penggunaan bahan ajar TIK/ Ketrampilan dengan aplikasi ini dalam pembelajaran di kelas serta proses pengembangan bahan ajar baru. |
No | Nama Peralatan Perangkat Lunak | Keterangan Detail / Spesifikasi | Jumlah | |
6 | E-book, CD/VCD Module Filem Multimedia | Filem | Bahasan Matematika, IPA dan Teknologi | 45 Keping |
Bahasa | Dalam bahasa Indonesia atau memiliki terjemahan sebagai subtitlenya | |||
7 | Pedoman Praktikum Peralatan KIT Fisika SMP | Bahasa | Indonesia | 1 Set |
Konten | Sesuai dengan peralatan KIT Fisika SMP | |||
Multimedia | Animasi prosedur suara dengan gambar | |||
8 | Aplikasi Ensiklopedia Elektronik | Cakupan | Setara dengan encyclopaedia Encarta | 5 Paket |
Lisensi | Sah (Legal) yang disertai dengan | |||
Keaslian | Bukti/sertifikat yang sah dari pemilik teknologi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar