Mendorong Siswa Belajar Mandiri Dengan Strategi Learning Contract


Kemandirian dalam belajar oleh siswa sangat penting. Siswa yang belajar mandiri akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dan permanen. Untuk itu diperlukan sebuah strategi yang mampu mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Strategi yang diharapkan mampu mendorong siswa untuk belajar mandiri adalah strategi  learning contract.

Salah satu masalah utama dalam membelajarkan siswa adalah motivasi belajar siswa yang rendah. Banyak siswa yang belajar hanya karena ada tugas  atau PR  semata.Dengan budaya belajar yang demikian maka sudah dipastika pengetahuan yang diperoleh siswa relatif lemah dan kurang permanen. Dengan rendahnya penguasaan materi yang telah dipelajari maka pada saat dilakukan evaluasi banyak siswa yang prestatsi belajarnya rendah.
            Kemandirian dalam belajar oleh siswa sangat penting. Siswa yang belajar mandiri akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam dan permanen. Untuk itu diperlukan sebuah strategi yang mampu mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Strategi yang diharapkan mampu mendorong siswa untuk belajar mandiri adalah strtegi  learning contract.
            Dalam strategi ini peserta didik membuat learning kontract atau kontrak belajar.Langkah-langkah yang diambil dalam penerapan strategi learning contract ini adalah :
  1. Guru meminta peserta didik memilih sebuah topik yang kan dipelajari secara madiri. Materi  yang dipilih diharapkan materi yang sednag dipelajari. Pada langkah ini bisa juga guru memilihkan materi yang harus dipelajar dengan pertimbangan materi tersebut belum dikuasi oleh siswa denga baik.
  2. Siswa dibimbing untuk membuat rencana studi secara teratutr dan terukur.
  3. Selanjutnya peserta didik diminta membuat kontrak belajar secara tertulis yang mencakup kategori sebagai berikut :
ü  Topik yang dipelajari
ü  Pengetahuan atau kemampuan spesifik yang akan dicapai peserta didik.
ü  Kegiatan belajar yang akan dikerjakan
ü  Tanggal penyerahan
Berikut ini contoh kontrak yang dibuat peserta didik

A.Topik :
Menentukan Luas dan Volum Bangun Ruang Sisi Lengkung
B. Tujuan Pemebelajaran :
Mampu mengerjakan soal-soal berkaitan dengan menghitng luas dan volum bangun ruang sisi       lengkung (BRSL).
C.Pengetahuan Spesifik :
  • Mengingat rumus luas dan volum BRSL dengan tepat
  • Menghitung luas dan volum tabung dengan benar
  • Menghitung luas dan Volum kerucut dengan tepat
  • Menghitung luas dan volum bola dengan tepat
  • Aktivitas belajar
  • Mencari buku-buku yang relevan dengan BRSL
  • Merangkum rumus-rumus BRSL dan  menghafal rumus-rumus tersebut.
  • Berlatih mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan BRSL
  • Konsultasi kepada guru berkaitan dengan soal-soal yang dirasakan belum mampu deikrjakan.
  • Merangkum soal dan penyelesaian  yang telah dikerjakan.
  • Menyerahkan hasil pekerjaan tersebut kepada guru.
D.Waktu Peneyerahan
    Satu minggu setelah kontrak ditandatangani.

Dalam pembuatan kontrak belajar perlu diskusikan dengan peserta didi agar peserta didik memamhami isi kontrak yang ditandatangani dan dengan suka rela melaksnakannya.
Guru memberi masukkan sumber-sumber belajar mana yang perlu dipelajari dan langkah-langkah yang perlu dilakuakan dalam menjalankan kontrak belajar.
Kontrak belajar dapat dibuat secara berkelompok.

Disalin dari : CATATAN GURU nDESO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar